Berita Pusat Bisnis

Training of Trainer Batch 3: Mempersiapkan Magang yang Lebih Terstruktur dan Berkembang

Sabtu, 26 April 2025   05:20


...


Surakarta – Pusat Pengembangan Bisnis UIN Raden Maas Said Surakarta menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) pada Selasa, 22 April 2025, bertempat di Aula Gedung SBSN. Acara ini menjadi agenda pembuka untuk Program Magang Pusat Pengembangan Bisnis Batch 3 yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada peserta dalam bidang pengelolaan dan pengembangan bisnis kampus.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh aanggota magang batch 3 yang terdiri dari divisi Admin Website, divisi Konten & Media, divisi Event Organizier, divisi Said Mart, divisi SLC, divisi Said Foodcourt dan divisi Accounting. Selain itu dihadiri juga staff Lembaga Pusat Bisnis yakni manajer, sekretaris, serta staff keuangan dan staff administrasi yang sekaligus menjadi pembimbing magang.

 

Sambutan pertama disampaikan oleh sekretaris Lembaga Pusat Bisnis, Haq Muhammad Hamka Habibie, S.E., M.A. Dalam sambutannya Hamka menjelaskan alasan dan tujuan Lembaga membuka program magang bagi mahasiswa dan bagaimana kolaborasi antara Lembaga dan mahasiswa magang dapat memberi kontribusi terhadap pendapatan BLU kampus.

 

Selanjutnya, manajer Pusat Bisnis, Septi Kurnia Prastiwi, S.E., M.A, mengenalkan secara singkat singkat tentang lembaga Pusat Pengembangan Bisnis yang berfokus pada pengelolaan unit usaha, kemitraan, dan pengembangan peluang bisnis berbasis kampus. Selain itu, Septi menegaskan bahwa program magang ini membawa banyak benefit bagi mahasiswa magang, di antaranya, pengalaman kerja nyata di bidang bisnis, pengembangan soft skill, pengalaman kepanitiaan, networking, hingga uang saku.

 

Salah satu inti acara dalam kegiatan ini adalah pembacaan dan penjelasan terkait Standard Operating Procedure (SOP) magang yang disampaikan oleh manajer Pusat Bisnis, Septi Kurnia Prastiwi, S.E., M.A. SOP ini merupakan penyempurnaan baru yang mulai diberlakukan pada Batch 3 yang memuat ini memuat pedoman kerja, etika magang, alur pelaporan, hingga mekanisme evaluasi yang wajib dipatuhi oleh seluruh anggota. Harapannya, SOP ini tidak hanya menjadi pedoman di atas kertas tetapi juga dapat diamalkan bersama untuk mendorong program magang semakin maju, terstruktur, berkembang, dan profesional.

 

Acara ditutup dengan sesi permainan interaktif untuk mengakrabkan antar anggota, serta sesi foto per divisi, dilanjut foto bersama seluruh anggota magang batch 3 dan staff Pusat Bisnis.



Artikel lainnya